my name is novia devina

Jumat, 15 Oktober 2010

pengertian penduduk, masyarakat dan kebudayaan

BAB 2
PENGERTIAN PENDUDUK
Disini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud penduduk.
Penduduk adalah orang-orang yang menempati suatu wilayah yang terikat oleh peraturan yang berlaku di wilayah tersebut dan berinteraksi satu sama lain tanpa mengenal adanya perbedaan. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu. Seseorang yang diakui sebagai penduduk Indonesia harus mempunyai Kartu Tanda Penduduk yang biasa kita sebut adalah KTP. Seseorang yang tidak mempunyai KTP tidak diakui sebagai penduduk Indonesia. Seseorang yang dikatakan sebagai penduduk mau tak mau harus mematuh dan mengkutii peraturan atau hukum yang berlaku di wilayah tersebut.
Selanjutnya Saya akan menjelaskan apa yang dimaksud Mayarakat.
Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut. Menurut Saya Masyarakat adalah orang-orang yang berkumpul dan berinteraksi yang dapat menghasilkan suatu kebudayaan di wilayah yang ditempatinya. Suatu masyarakat
Faktor-faktor Mayarakat dan Unsur Masyarakat sebagai berikut :
1. Anggota masyarakat beranggotakan minimal 2 orang dan tentunya harus saling berkomunikasi dan berinteraksi.
2. Dapat menghasilkan suatu kebudayaan yang mencirikan wilayah tersebut.
3. Memiliki aturan yang harus di patuhi oleh setiap masyarakat yang berada di wilayah tersebut, agar tidak ada masyarakat yang bertindak menyimpang dari peraturan yang telah di buat.
Kemudian Saya akan menjelaskan pengertian kebudayaan.
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh suatu kelompok yang menempati suatu wilayah tersebut, kebudayaang juga akan diwarisi oleh generasi penerusnya, suatu kebudayaan tidak akan pudar dan punah apabila suatu kebudayaan di pelihara dan dilestarikan dengan baik oleh generasi selanjutnya. Kebudayaan itu mempunyai hasil yang banyak macamnya seperti kebudayaan dalam bahasa, adat istiadat, dan dalam karya seni pun ada seperti seni tari, seni lukis, dan masih banyak lainnya.
Apalagi di Indonesia ini banyak sekali kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakatnya seperti dalam segi bahasanya, di Indonesia banyak sekali ragam bahasa, ada bahasa Jawa, Batak, Sunda, Padang, Papua dan masih banyak yang lainnya yang tidak saya bisa jelaskan satu-persatu. Sekarang dalam seni tarinya, ada tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat ada juga tari pendet yang berasal dari Bali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar