my name is novia devina

Selasa, 19 Oktober 2010

Pengertian ISD

BAB 1 Tentang ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, cara berinteraksinya, lingkungan sosialnya. Menurut keterangan yang telah saya baca di google ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.
Mengapa di Perguruan Tinggi kita tetap mempelajari Ilmu Sosial Dasar??
Latar Belakangnya karena untuk mendorong mahasiswa berfikir secara kritis dan melatih mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya bahwa kita hidup di dunia ini tidak terlepas dari pengaruh-pengaruh lingkungan sekitar kita. Biasanya seorang Mahasiswa lebih tidak peduli terhadap perkembangan lingkungan yang ada di sekitarnya atau perkembangan zaman.
Menurut beberapa sumber setiap Mahasiswa di tuntut untuk mempunyai 3 kemampuan yaitu kemampuan personal, kemampuan akademik, dan kemampuan professional.
1. Kemampuan Personal
Kemampuan Personal yaitu kemampuan mahasiswa yang mampu menunjukkan atau mencerminkan sikap-sikap atau nilai-nilai bangsa Indonesia yang sesuai dengan kepribadian Indonesia dan peduli terhadap masalah-masalah yang dihadapi bangsa Indonesia.
2. Kemampuan Akademik
Kemampuan Akademik adalah kemampuan mahasiswa untuk berfikir secara kritis dan logis. Selain itu ia mampu meyelesaikan masalahnya sendiri yang sedang di hadapi dengan pikiran yang dewasa.
3. Kemampuan Profesional
Kemampuan Profesional adalah setiap Mahasiswa di tuntut untuk mengetahui secara dalam bakat atau keterampilan apa yang di milikinya, setelah ia mengetahui keterampilan apa yang ia miliki, ia harus mendalami keterampilan yang ia miliki tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar